Tips dan Cara Merawat Sepeda

Olahraga bersepeda merupakan jenis olahraga yang menyenangkan, apalagi seluruh anggota keluarga hobby bersepeda. Olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk memelihara tubuh tetap sehat, otot – otot kaki akan terlatih saat bergerak mengayuh sepeda, pergerakan tangan, tubuh yang aktif, semakin lengkap manfaat untuk seluruh anggota badan kita.

Selain dipakai untuk olahraga, sepeda harus tetap terawat dengan baik, agar aman digunakan dan awet dipakai.  Tidak hanya mobil, motor yang dirawat, sepedapun juga wajib memperoleh perhatian khusus.

Berikut ini Tips dan Cara Merawat Sepeda :

1.Bersihkan secara Rutin
Sepeda juga rutin dibersihkan agar tetap terawat catnya, bersihkan dari kotoran tanah, debu dan percikan air setelah dipakai. Apalagi saat musim hujan atau ketika melewati lumpur,  ban harus dibersikan , rantainya rutin diberikan pelumas, membersihkan sepeda setelah dipakai, akan mencegah terjadinya karat atau kerusakan pada cat dan komponen penting lainnya.

2.Rutin Ganti Rantai Sepeda
Rantai merupakan komponen yang penting pada sepeda, karena termasuk sebagai bagian mekanisme gerak sepeda.

Gunakan Pelumas untuk Mencegah Aus dan pengikisan, gunakan secukupnya saja. Pemberian pelumas yang berlebih justru bisa menarik lebih banyak kotoran untuk menempel dan merusak sepeda.

Caranya adalah berikan pelumas pada rantai, lalu biarkan sampai meresap, kemudian lap sisa pelumas yang ada di rantai. Selain rantai, bagian sepeda yang juga harus diberi pelumas adalah tuas rem dan komponen untuk mengganti gigi di sepeda. Rantai merupakan komponen yang penting pada sepeda, karena termasuk sebagai bagian mekanisme gerak sepeda.

3.Bersepeda di Jalur yang Bersih
Bersepeda di jalur yang bersih , di jalan perkotaan atau perumahaan adalah salah satu cara untuk menjaga sepeda agar tetap awet. Berbeda jika sepeda sering digunakan di jalur off road, berlumpur, berbatu, berlubang , maka perawatan sepedanya pasti berbeda pula.

4.Punya Tempat Simpan Sendiri
Ada tempat sendiri untuk menyimpan sepeda di rumah, tidak bercampur dengan yang lain, akan bagus jiga tempat sepeda berada di Garasi, ditempatkan bersama motor atau mobil , sehingga jika ada perawatan / pembetulan, semua peralatan kebersihan dan alat – alat service berada di satu lokasi.

Tempatkan di dalam ruangan, jangan terkena sinar matahari, lebih baik memiliki cover penutup sepeda agar kondisi ban dan komponen lainnya tetap awet.

5.Periksa Sepeda secara menyeluruh
Periksa bagian body sepeda, apakah ada keretakan atau bengkok, goresan atau kerusakan yang penting untuk mendapatkan perbaikan segera, jika ada keretakan serius, wajib dibawa ke bengkel. Pemeriksaan secara menyeluruh ini sangat penting untuk selalu menjaga kondisi sepeda tetap baik dan siap digunakan kembali. 

Demikian tips merawat sepedanya, semoga sepedanya tetap awet, aman dan Bagusss !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja